Proposal Usaha "Sotang"
PROPOSAL USAHA
“SOTANG”
(Sosis
Kentang)
DISUSUN
OLEH :
BENAZER
ASLAMIYA RACHMA
XI BDP 4
DAFTAR ISI
Halaman
DAFTAR ISI…………………………………………………………………… i
KATA PENGANTAR………………………………………………………….. ii
KATA PENGANTAR………………………………………………………….. ii
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………. 1
BAB II PEMBAHASAN……………………………………………………… 2
2.1 Latar belakang…………………………………………………. 2
2.2 Visi…………………………………………………………… 3
2.3 Misi……………………………………………………………. 3
2.4 Tujuan…………………………………………………………… 3
2.5 Analisis SWOT………………………………………………. 3
BAB III PELAKSANAAN……………………………………………………. 4
· 3.1 STRATEGI 4P…………………………………………………… 5
BAB IV RANCANGAN ANGGARAN BIAYA….………………………….. 6
BAB V PENUTUP………………………………………………………….. 7
A.
Kesimpulan………………………………………………………… 7
B.
Saran………………………………………………………………. 7
i
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan kepada Allah SWT yang telah
memberikan rahmatnya sehingga Proposal ini bias saya selesaikan dengan baik.
Proposal berjudul kewirausahaan Sosis Kentang ini berisikan uraian tetntang
Kelayakan usaha ini di dalam segala aspek yang berkaitan dengan kuliner jajanan
yang sehat dan layak untuk diperdagangkan.
Dengan proposal ini, semoga saya dapat mengetahui
hambatandan juga strategi apa saja yang harus dilakukan dalam berwirausaha. Saya
harap dengan disusunnya proposal in, Usaha yang saya jalankan bisa berjalan dengan
baik.
Demikian kata pengantar dari saya, jika ada kurang dan
lebihnya saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Balikpapan, 4 Agustus
2018
Benazer Aslamiya Rachma
ii
BAB I
PENDAHULUAN
A. Pengertian
Wirausaha, Kewirausahaan, Wirausahawan
Wirausaha adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk
melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis; mengumpulkan sumber
dayasumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat dan
mengambil keuntungan dalam rangka meraih sukses. Kewirausahaan pada hakekatnya adalah sifat, ciri dan watak
seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam
dunia nyata secara kreatif.Sedangkan yang dimaksudkan dengan seorang Wirausahawan adalah orang-orang yang
memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatankesempatan bisnis;
mengumpulkan sumber daya-sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan
yang tepat, mengambil keuntungan serta memiliki sifat, watak dan kemauan untuk
mewujudkan gagasan inovatif kedalam dunia nyata secara kreatif dalam rangka
meraih sukses/meningkatkan pendapatan. Intinya, seorang Wirausahawan adalah orang-orang yang memiliki jiwa Wirausaha dan
mengaplikasikan hakekat Kewirausahaan dalam hidupnya.
B. Usaha
kuliner
Bisnis
kuliner adalah jenis usaha yang
menguntungkan dan akan selalu laris sepanjang masa, alasannya karena makanan
adalah kebutuhan pokok manusia yang tidak ias lepas dari kehidupan kita. Salah
satu alasanya adalah karena menjalankan usaha dibidang kuliner itu tidak
terlalu sulit dan keuntungan yang ditawarkan cukup besar. Yang dibutuhkan
hanyalah keterampilan dalam mengelolah makanan atau minuman yang enak. Kreatif dan inovatif dalam mengembangkan
menu makanan, sehingga para konsumen tidak bosan dengan menu yang disajikan. SOSTANG atau Sosis Kentang adalah
salah satu cemilan Enak yang terbuat dari sosis dilapisi kentang yang murah
harganya sehingga terjangkau untuk semua lapisan masyarakat. Peluang usaha sosis
kentang yang satu ini sangat digemari para pencinta kuliner, cocok buat semua
kalangan.
1
BAB II
PEMBAHASAN
A. LATAR
BELAKANG
Sosis kentang merupakan jajanan yang mungkin masih belum begitu
populer di negara kita. Namun di beberapa daerah seperti di ibu kota, jajanan
yang satu ini kini mulai dikenal dan disukai sebagai jajanan pinggir jalan yang
lezat terutama oleh kaum remaja dan anak-anak.Sosis yang di balut dengan tepung
dan kentang ini di tusuk pakai tusukan sate yang digoreng hingga garing, dan
dimakan menggunakan saos dan mayones memberikan sensasi rasa yang sangat nikmat
dan bisa mengenyangkan.SOTANG adalah makanan kombinasi antara sosis dan
kentang.
Makanan ini sangat unik bentuknya, dimana sosis
dicelupkan ke adonan tepung lalu ditaburi potongan kentang kecil-kecil.
Soal rasa jangan ditanya dijamin memuaskan enak dan
mantab.. Makanan unik ini tentunya digilai masyarakat selain karena rasanya
yang enak namun juga porsinya yang mengenyangkan. Bisnis hotang dianggap
sebagai salah satu jenis bisnis yang berpeluang besar saat ini di antaranya
karena target pasarnya yang luas. Semua kalangan usia memiliki kecenderungan
untuk mengonsumsi hotang, apalagi jika orang tersebut tinggal di kawasan
perkotaan. Selain itu, bisnis ini juga tergolong jenis bisnis baru yang
pesaingnya belum terlalu banyak seperti bisnis lainnya.
2
B. Visi
1. Menyediakan makanan cepat saji yang enak,
lezat, bergizi dengan memperhatikan
kebersihan makanan bagi masyarakat.
C. Misi
1. Tetap menjaga kualitas
makanan
2. Mengutamakan kebersihan makanan
3.
Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan 3S ( sopan, sapa,
senyum)
D. Tujuan Usaha Hotang
1. Membuka lowongan kerja baik bagi
masyarakat maupun mahasiswa
2. Mencari keuntungan semaksimal mungkin
dalam usaha ini tanpa menghilangkan kualitas dan rasa dari produk itu sendiri
E. Analisis SWOT
► Strenght
1. Cita
rasa produk yang berkualitas
2.
Lokasinya strategis
3.
Produk yang kreatif
4. Halal
5. Harganya terjangkau
►Weakness
1.
Produk tidak tahan lama
2.
Mudah ditiru
►Oppurtunity
1.
Membuka lowongan kerja untuk mahasiswa
2.
Digemarianak-anak dan remaja
►Threats
1.
Banyak pesaing
2.
Bahan baku yang
harganya sewaktu- waktu naik
3
BAB III
PELAKSANAAN
Kami memasarkan
produk sotang atau sosis kentang kami sendiri ialah tempat yang dapat dijangkau
dengan mudah oleh konsumen dan juga yang dipadati oleh banyak penduduk atau
lebih tepatnya ditengah kota, bias juga seperti mall, ruko yang tersedia
dipinggir jalan ataupun taman. Kami sendiri memasarkannya dengan mempromosikandalam
bentuk iklan atau brosur, biasanya juga kami memasarkannya melalui social
media. Terkadang kami juga membuat tester untuk para calon pembeli agar dapat
mencicipinya.
A. ALAT
§ Kompor gas
§ Wajan penggorengan
§ Wadah pengaduk adonan
§ Pisau kecil
§ Talenan
§ Tusuk sate
B. BAHAN
§ Sosis besar dan kecil
§ Kentang stik
§ Minyak goreng
§ Tepung terigu
§ Tepung khusus sotang
§ Air
§ Saus tomat / sambal
§ Mayonise
§ Keju
C. CARA MEMBUAT
1. Masukkan tepung khusus hotang kedalam wadah secukupnya,
campur dengan air sedikit saja sehingga menjadi adonan yang kental, jangan
sampai cair
2. Potong menjadi dua kentang stik beku
3. Tusuk sosis dengan tusuka bamboo, iris-iris sosis
jangan sampai terbelah, hanya agar sosis ada celahnya, jadi adonan tepung bisa
menempel di sosis
4. Sosis di buluri dengan adonan tepung basah sampai rata,
kemudian tempel kentang stik diatasnya jarang-jarang, lalu lumuri lagi sosis
dan kentang stik dengan tepung kering merata
5. Panaskan minyak goreng sampai benar-benar panas, masukkan
hotang beserta tusukannya kedalam minyak yang sudah panas
6. Kecilkan api agar hotang tidak cepat gosong, jika
hotang sudah mulai kecoklatan, angkat hotang
7.
Sajikan sotang
dengan topping saus tomat/sambal, mayonise dan keju
4
●STRATEGI 4P
►PRODUCT
Produk yang kami jual yaitu
”SOTANG‟ atau sosis kentang.
►PRICE
Menu
§ Sotang
besar 15K
§ Sotang
kecil 10K
Topping
§ Keju
Mozarella 5K
§ Keju
cheddar 3K
Free Topping
§ Saus
tomat/sambel
§
Mayonise
►PLACE
Lokasi usaha kami yaitu bearada di Jalan Ruhui Rahayu II di ruko
pinggir jalan.
►PROMOTION
Kami mempromosikannya melalui brosur dan social media.
5
BAB
IV
RANCANGAN
ANGGARAN BIAYA
Kami
sudah menyusun strategi harga pasar jauh sebelum membentuk usaha ini agar dapat
berjalan lancer dan terus maju kedepannya. Dari perhitungan laba rugi semua
kebutuhan perlengkapan agar tidak terjadi sesuatu jadi kami meneliti dan dan
terjun langsung untuk mencari kelebihan dan kekurangan yang sering dikeluhkan
oleh para konsumen dan mencari tahu aspekkeuangan dari parackonsmen dan juga
pelanggan.
Ø BIAYA TETAP
Untuk
biaya dari bahan dan juga alat yang digunakan dalam membuat sosis kentang
yaitu, Rp. 2.000.000,00
Ø BIAYA VARIABEL/BULANAN
Sosis,kentang,tepung,minyak
goreng,topping yang memakan biaya sebesar
Rp.
1.000.000,00
Ø BIAYA JASA PENGIRIMAN &
ADMINISTRASI
Untuk
biaya admin dikenakan sekitar Rp.
50.000,00 dan untuk biaya pengiriman tergantung jarak yang akan diantarkan
pesanannya.
Ø HARGA POKOK = Total biaya : Jumlah produk
= Rp. 3.000.000 : 200
= Rp. 15.000
10% = Rp. 1500
Harga setelah
pajak = Rp. 15.000 + Rp. 1.500
=
Rp. 16.500
Ø PERHITUNGAN LABA RUGI
Harga keseluruhan = Hasil produksi x Harga jual
= 200 x
16.500
= Rp. 3.300.000
Modal =Rp. 2.500.000
Harga keseluruhan
- Modal
= Rp. 3.300.000 –
Rp. 2.500.000
= Rp. 800.000
= 800.000
X 100%

= 26,6%
Jadi persentase dari laba bersih yang kami dapat dalam sekali produksi
adalah 26%
6
BAB V
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Demikian proposal
inisaya buat dengan harapan semoga usaha dari produk kami dapat berjalan dengan
lancar, dengan dibuatnya proposal ini yang bertujuan untuk menambahkan wawasan
tentang dunia usaha. Kami sadar bahwa usaha kami ini tidak akan langsung
berkembang pesat tetapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan
mengembangkan usaha ini sampai sukses. Akhir dari penulisan proposal ini saya
ucapkan terima kasih.
B.
SARAN
Proposal yang
saya buat ini memang tidak sempurna , oleh karena itu kami mengharapkan kritik
dan saran dari para konsumen yang bersifat membangun dan pembaca proposal ini
bisa lebih baik lagi, serta dengan dibuatnya proposal ini orang-orang dapat
mengetahui tentang bagaimana dunia usaha yang sebenarnya dan bergerak untuk
membuat usaha juga.
mantap
BalasHapus